Menggambar Dengan Sweet Home 3D
03-15-2010, 05:27 PM (This post was last modified: 09-04-2010 11:21 PM by Fatal Error.)
Post: #1
Menggambar Dengan Sweet Home 3D
Langkah Membuat Bagunan menggunakan Sweed Home 3D.

Pada Tutorial ini saya akan membuat Contoh bangunan dengan Standard Perumahan dengan Luas Bangunan 84.07 M2, dengan Fasilitas Dua Kamar Tidur, Dapur, dengan Standar Interior dan Exterior yang sudah ada. Dibagian ini hasil Desain tergantung Luas Tanah yang dimiliki.

Berikut langkah-langkan pembuatannya;

Langkah 1.
Langkah pertama sama seperti langkah-langkah sebelumnya, Buka Aplikasi Sweed 3D Home melalui Klik ganda Icon Sweed Home 3D pada Dekstop Anda, atau melalui Start Menu All Program > Sweed Home 3D, Maka Akan Tampil Tampilan Utama dari Aplikasi Ini seperti pada gambar dibawah ini;

[Image: 24439kk.jpg]

Langkah 2.
Setelah terbuka halaman kerja untuk membuat gambar, maka Klik Icon Create rooms seperti pada gambar No 1 dibawah, fungsinya yaitu untuk membuat gamabar luas tanah yang akan dibuatkan gamabar bangunan atau dokumentasi untuk Anda bahwa luas Tanah Anda nantinya seperti pada gambar yang kandibuat nanti.

Mulailah klik pada angka 0m kemidian arahkan mouse atau kursor anda ke kanan samapai ukuran yang diinginkan, misalnya pada gambar No 2, 7M ke kanan, kemudian Klik sampai pada ukuran yang dimaksud, setelah itu arahkan lagi mouse atau kursor Anda kebawah dengan ukuran yang diinginkan juga, Maka anda akan melihat ukuran meter perseginya luas tanah yang digambar tadi ada dibagian tengah Area gambar, seperti pada gambar dibawah ini.
[Image: zthzpz.jpg]
Setelah langkah diatas dibuat, Maka akan terlihat bahwa ukuran tanah Anda seperti pada gambar dibawah ini, dimana Lebar Tanah 7M dan Panjang 12 M dengan Luas Tanah keseluruhan 84.07 Meter Persegi.
[Image: 2qnbcc9.jpg]
Setelah Luas Tanah sudah digambar maka simpan Data tersebut dengan cara Save As > cari Lokasi Penyimpanan dikomputer Anda, Setelah itu Kita masuk kebagian Desain Bagunan sesuai dengan yang Anda inginkan, disini saya membuat dengan tipe dan Standard saja, untuk pengembangan tergantung desain Anda sendiri.
[Image: 9ux7ko.jpg]

Membuat tembok

Langkah 3.
Langkah pertama dalam pembuatan Tembok/Garis gambar tembok, yaitu diawali dengan membuka menu file > kemudian Prefences… , langkah ini adalah untuk memilih jenis ukuran yang akan digunakan pada saat akan menggambar, dimana ukuran yang ada dibagian ini yaitu Centimeter – Inci – Milimeter – Meter, untuk ukuran tergantung jenis Gambar yang akan anda buat nanti, anda bisa melihatnya seperti pada gambar dibawah ini dimana jenis ukuran yang akan digunakan yaitu Meter.

Setelah jenis ukuran sudah terpilih, maka lanjutkan dengan menekan tombol Ok.
[Image: 4qmz3r.jpg]
Maka dari gambar dibawah terbentuklah gambar persegi empat seperti gambar No 4 dibawah ini dengan ukurannya masing-masing .
[Image: 72pru9.jpg]
Dari gambar yang masih berbentuk garis/gambar Vektor diatas, maka anda bisa melihat langsung hasil gambar No 4 ini dalam bentuk 3D seperti pada gambar dibawah ini;
[Image: 2qduz37.jpg]
Langkah 4.
Untuk memulai menggambar, Klik Icon Create walls seperti pada gambar No 1., kemudian mulailah pada titik koordinat pertemuan Titik Horisontal dan Vertikal , serta maulailah pada titik 0 M.
[Image: 161jj9z.jpg]
[Image: 2v8pr3r.jpg]
Selanjutnya perhatikan gambar No 2 dan No 3 diatas, pada gambar ini terlihat garis Horisintal dan Garis Vertikal telah dibuat dengan masing-masing ukurannya, pada gambar ini dibuat berukuran 4x2 Meter persegi dan dimulai dari ukuran 0 m.
Langkah 5.
Setelah Langkah 2 selesai dibuat, maka Anda klik Icon Create Dimensions untuk membuat garis bantu dengan ukuran sesuai bentuk gambar yang dibuat. Pada gambar Langkah 3 No 1 dibawah ini terlihat setelah bagian Dimensions diklik dan dibuat, maka terlihat bagian garis bantu yang ada dengan ukuran sesuai bentuk gambar seperti pada gambar No 2. Tujuannya agar gambar yang dibuat bisa dibaca juga oleh orang yang akan membuat bentuk gambar ini, karena gambar dalam bentuk 3D tidak bisa dilihat ukurannya, kecuali melalui komputer saja.
[Image: i78p5h.jpg]
Langkah 5.1.
Untuk Mulai menggambar Klik Icon Create Walls, Kemudian Buat persegi Empat dengan Cara sama seperti pada Cara menggambar Luas Tanah Sebelumnya, Hanya Klik pada Ukuran Mulainya kemudian Geser Mouse Anda Buat persegi empat seperti pada Gambar dibawah ini.
[Image: 5k277r.jpg]
Langkah 6.
Selanjutnya Kita Atur Tinggi Tembok dari bangunan yang dibuat dengan Cara Klik Ganda pada bagian Garis (Walls) > kemudian akan tampil Kotak Dialog Modify Walls, selanjutnya kita masukkan ukuran Tembok sesuai dengan Ukuran Tembok yang kita inginkan, misalnaya Tinggi;3 Meter dengan Ketebalan Tembok; 0.076 Meter .
[Image: 14niebq.jpg]
Langkah 7.
Dalam pewarnaan Tembok Anda bisa langsung menggunakan Fasilitar Color dengan Cara Klik Ganda Garis tembaok yang ingin diwarnai, Maka akan tampil bagian Pilihan warna dan Textures, Anda tinggal memilih warna atau bagian texture yang diinginkan kemudian akhiri dengan klik tombol Ok.

Bagian dibawah ini adalah Fasilitas Pewarnaan dan Fasilitas Texture dari tembok.
[Image: 1y4mmx.jpg]


[Image: 21abp8h.jpg]
Terima Kasih.
Visit this user's website Find all posts by this user